Lima Manfaat Kulit Pisang yang Sedikit Diketahui



Informasi Dunia Kesehatan. Pisang dikenal sebagai buah yang sehat. Namun, banyak orang yang tidak tahu bahwa kulit pisang juga tak kalah sehat dari buahnya. Ya, kulit buah berwarna kuning ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga bisa Anda konsumsi.

Secara tradisional, di Indonesia kulit pisang sering disantap sebagai lalapan. Anda juga bisa merebusnya selama sepuluh menit dan mencampurnya ke dalam buah-buahan lain untuk dijadikan jus. Tapi selalu pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. 

Nah, jangan berpikir bawah hanya itu saja kegunaannya. Masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kulit pisang. Oleh karena itu, jangan lagi membuang kulit pisang dan lakukan hal-hal berikut ini seperti yang dilansir dari Times of India.

Membuat pupuk

Kulit pisang mampu hancur dengan cepat dan akan memberikan banyak nutrisi pada tanah Anda. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat tanaman kesayangan tumbuh subur. Cukup masukkan kulit pisang ke dalam tanah dan lihat seberapa cepat tanaman Anda tumbuh.

Merawat tanaman

Selain menjadi pupuk, kulit pisang juga bisa Anda gunakan untuk merawat tanaman sehari-hari. Caranya adalah dengan merendam kulit pisang di dalam botol berukuran besar. Campur air dalam botol berisi pisang dengan lima bagian air biasa dan gunakan untuk menyiram tanaman Anda. 

Menyembuhkan memar

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kulit pisang dapat menyembuhkan memar pada kulit. Anda bisa menggosok kulit pisang secara perlahan pada kulit yang memar atau menutupi memar dengan kulit pisang semalaman penuh.

Merawat benda dari kulit dan perak

Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit Anda untuk membuatnya kembali mengkilap seperti baru. Tak hanya benda-benda dari kulit, cara yang sama juga bisa dilakukan pada peralatan makan, pajangan atau perhiasan perak.

Menyingkirkan serangga

Kulit pisang pun mampu mengusir serangga yang bisa menjadi hama tanaman. Anda dapat memotong-motong dan taburkan kulit pisang di sekitar tanaman atau mengubur mereka di dalam tanah.

0 Response to "Lima Manfaat Kulit Pisang yang Sedikit Diketahui"

Posting Komentar

wdcfawqafwef